join oriflame gratis

Kamis, 29 September 2011

congklak bil-bul (alat peraga bilangan bulat)



Materi yang relevan : penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat


Gambar Congklak Bil-bul

Congklak bil-bul singkatan dari congklak bilangan bulat. Congklak merupakan alat permainan tradisoanal dari DKI Jakarta.Dengan sedikit kreatifitas dan modifikasi, congklak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran matematika. Misalnya dalam pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dengan menggunakan congklak bil–bul, diharapkan dapat memudahkan pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat congklak bil-bul :
1.Congklak plastik berukuran sedang beserta bijinya
2.Cat yang berlainan warna dengan congklak
3.Kuas untuk mengecat congklak.

Cara membuat congklak bil-bul :
1.Siapkan congklak, cat beserta kuas yang akan digunakan
2.Warnai barisan pertama dan wadah penyimpan biji congklak menggunakan cat yang berlainan warna dengan congklak,
sebagai penanda bahwa barisan yang di warnai tersebut adalah barisan bilangan positif.
Sedangkan barisan kedua congklak (yang tidak diwarnai) merupakan penanda untuk barisan bilangan negatif
3.Warnai pula biji congklak dengan warna yang sama dengan cat yang digunakan
4.Maka akan terbentuklah congklak bil-bul.

Cara menggunakan congklak bil-bul :
Sepakati terlebih dahulu bahwa barisan pertama pada congklak menandakan bilangan positif dan barisan kedua menandakan bilangan negatif.Bila jumlah biji yang di lubang barisan pertama dan di lubang barisan kedua berjumlah sama, maka nilainya nol (0).

Contoh dalam penjumlahan bilangan bulat :

Contoh 1
3 + 2 = ….

a) Ambil biji sebanyak 3 butir dari wadah yang bernilai positif kemudian letakkan kedalam lubang yang bernilai positif (barisan pertama) masing–masing lubang berisi 1 butir biji.
b) Kemudian ambil lagi biji sebanyak 2 butir dari wadah yang bernilai positif kemudian letakan dilubang yang bernilai positif yang masih kosong.
c )Hitunglah jumlah biji yang berada di barisan positif tersebut. Maka akan terjawablah, bahwa
3 + 2 = 5.

Contoh 2
10 + (-9) = ….

a. Ambil biji sebanyak 10 butir dari wadah yang bernilai positif kemudian letakan kedalam lubang yang bernilai positif (barisan pertama) masing–masing lubang berisi 1 butir biji.
b. Ambil lagi biji sebanyak 9 butir dari wadah yang bernilai negatif kemudian letakan kedalam lubang yang bernilai negatif (barisan kedua) msing-masing 1 biji.
c.Jika jumlah biji yang di lubang barisan pertama dan di lubang barisan kedua berjumlah sama, maka nilainya nol (0).
d.Hitunglah biji yang tidak memiliki pasangan.
e.Maka akan terjawab bahwa, 10 + (-9)= 1.


Contoh dalam pengurangan bilangan bulat, terlebih dahulu siswa diberi tahu konsep :
+ x + = +
+ x - = -
- x + = -
-x - = +

Contoh 3
8– 6 = ….
1. Ambil biji sebanyak 8 butir dari wadah yang bernilai positif kemudian letakan kedalam lubang yang bernilai positif (barisan pertama) masing – masing lubang berisi 1 butir biji.
2. Ambil 6 butir biji dari lubang yang telah berisi biji pada barisan yang bernilai positif.
3. Hitunglah biji yag tersisa pada barisan tersebut. Maka akan terjawablah bahwa, 8 – 6 = 2.

Contoh 4
-3 – ( -7) = -3 + 7 = ….
1) Ambil biji sebanyak 3 butir dari wadah yang bernilai negative kemudian letakan kedalam lubang yang bernilai negatif (barisn kedua) msing-masing 1 biji.
2) Ambil lagi biji sebanyak 7 butir dari wadah yang bernilai positif kemudian letakan kedalam lubang yang bernilai positif (barisan pertama) masing – masing lubang berisi 1 butir biji.
3) Jika jumlah biji yang di lubang barisan pertama dan di lubang barisan kedua berjumlah sama, maka nilainya nol (0).
4) Hitunglah biji yang tidak memiliki pasangan. Maka akan terjawab bahwa, -3 – (-7) = 4.

Contoh ilustrasi pertanyaan :
1.Berapakah hasil dari 5 + 6 = ?
Jawab = 5 + 6 = 11
2.Berapakah hasil dari 9 + (-2) = ?
Jawab = 9 + (-2) = 7
3.Berapakah hasil dari 6 – 4 = ?
Jawab = 6 – 4 = 2
4.Berapakah hasil dari, -8 – (-1) = ?
Jawab = -8 – (-1) = -7

Keunggulan congklak bil – bul=
1.Mempermudah pemahaman dan menambah motivasi siswa dalam memahami operasi sederhana (penjumlahan dan pengurangan) dalam bilangan bulat.
2.Membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.
3.Mudah membuatnya karena menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar